Sabtu, 28 Maret 2015

Pentingnya Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Masyarakat dan Pengajar


Minggu, 22 Maret 2015 - 06:11

Pentingnya Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Masyarakat Dan Pengajar

Anggota Komisi VII DPR Daerah Pemilihan (Dapil) X Jawa Tengah, Andriyanto Johan Syah dari fraksi PAN


Batang - Anggota Komisi VII DPR Daerah Pemilihan (Dapil) X Jawa Tengah, Andriyanto Johan Syah dari fraksi PAN mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Dapilnya dihadapan para petani, peternak, guru2 tk dan sd desa Blado Kecamatan Blado kab.batang.


Andriyanto menjelaskan, Salah satu solusi menjawab krisis moral yang terjadi di Indonesia adalah melalui penguatan pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan ini memperkokoh karakter bangsa dimana warga negara dituntut lebih mandiri, tanggung jawab, dan mampu menghadapi era globalisasi melalui transmisi empat pilar.

" Bahwa 4 pilar itu sangat penting diterapkan dikehidupan kita" Ucapnya dalam sarasehan yang degelar di Desa Blado (19/3).

Memahami empat pilar kebangsaan maka masyarakat dan pengajar harus memahami pendekatan untuk menjaga empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"melihat ancaman terhadap keutuhan NKRI kian besar, masyarakat harus terus ditanamkan dan diperkuat ideologi pancasilanya." Katanya. 

Lebih lanjut Andriyanto, berharap dengan program seperti ini, penerapan 4 pilar dimasyarakat bisa efektif. Agar pemahaman di kalangan masyarakat dan pengajar bisa sejalan dengan kebutuhan bangsa ini. (amd)


Opini saya :
 Saya setuju dengan tindakan bapak Andriyanto. Menurut saya, pendidikan kewarganegaraan sangat lah penting ditanamkan sejak usia dini, dari tk misalnya. Jika sedari kecil sudah ditanamkan empat pilar tersebut, InsyaAllah generasi muda penerus bangsa bisa meneruskan cita-cita para pendahulunya untuk membawa negeri ini ke arah yang lebih baik. Namun bagaimana dengan anak-anak atau orang-orang yang tidak bisa merasakan pendidikan kewarganegaraan di bangku sekolah? peran guru di sekolah bisa digantikan dengan para tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan tentang betapa petingnya pendidkan kewarganegaraan. dengan begitu meeka tetap bisa mengetahui pentingnya pendidikan kewarganegaraan. Kemudian pemerintah juga harus belajar lagi, menjadi contoh yang baik untuk para generasi muda. Jangan berharap generasi muda saat ini akan bisa mendalami 4 pilar penting itu, jika pemerintah terutama anggota dewan yang terhormat pun masih belum bisa berpegang teguh pada empat pilar tersebut. Untuk itu, marilah kita sama-sama kembali mendalami empat pilar kebangsaan tersebut, agar bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih lebih dan lebioh baik lagi. Aamiin.

sumber :

http://www.indopos.co.id/2015/03/pentingnya-sosialisasi-4-pilar-kebangsaan-bagi-masyarakat-dan-pengajar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar