Senin, 10 November 2014

Cinta Tanah Air



                                      

Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya.
Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.

Sayangnya di zaman yang sudah semakin modern ini, semakin banyak juga generasi muda yang rasa cintanya semakin menipis terhadap bangsa ini. Generasi muda saat ini lebih senang bila mereka dibilang mirip orang asing, lebih bersemangat untuk mempelajari tarian K-POP, mereka bangga bila dapat membeli dan memakai produk dari luar negeri, dan semakin bangga saat menampilkan bagian-bagian tubuhnya yang menurut mereka akan dipandang "cantik" oleh kum laki-laki. Mereka akan menutup-nutupi bila barang yang mereka punya hanyalah buatan lokal, mereka malas untuk mengikuti kursus menari tradisional, mereka malu memakai produk-produk dari Indonesia karen dinilai "tidak keren", dan semakin malu bil pakaiannya tidak seksi karena akan dinilai "tidak gaul" atau "anak cupu".

Padahal  Sekarang kita berada pada masa kemerdekaan dan  kita tidak di tuntut memanggul senjata dan maju di medan perang. Namun, perlu di sadari bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetep menghadapi ancaman. Oleh karena itu, kita harus siap menghadapi segala bentuk ancaman demi kepentingan bangsa dan Negara republik Indonesia. Semangat cinta tanah air perlu terus dibina sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjamin. Cinta tanah air bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Manfaat tersebut diantaranya Negara akan aman dan damai, pembangunan dapat berjalan lancer, dan pendapatan Negara akan meningkat. Manfaat tersebut kita sendiri yang merasakan. Kita akan merasa aman da damai serta kesejahteraan hidup meningkat.

Rasa cinta terhadap tanah air bukan hanya menjaganya saat negara ini sedang dijajah, tetapi tetap menjaganya saat keadaan apapun,. Rasa cinta terhadap tanah air tidaklah sesusah yang kita bayangkan, contohnya:
1. Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara.
2. Menghormati simbol-simbol Negara seperti lambang burung garuda, bendera merah-putih,
    lagu kebangsaan Indonesia raya, dll.
3. Menghormati upacara bendera sebagai wujud rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
4. Bangga menjadi orang Indonesia
5. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha lokal bisa maju dan
    produk bangsa Indonesia semakin dikenal oleh mancanegara
6. Membantu melestarikan kebudayaan Indonesia
7. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku
8. Mengharumkan nama bangsa Indonesia kepada warga Negara asing baik di dalam maupun
    di luar negeri.
9. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam
    negeri

 

Sikap cintah tanah air harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar menjadi manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya misalnya dengan upacara sederhana setiap hari senin dengan menghormati bendera Merah Putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan mengucapkan pancasila. Meskipun lagu Indonesia Raya masih sulit dan panjang untuk ukuran anak usia dini, tetapi dengan membiasakan mengajak menyanyikan setiap hari senin, maka anak akan hafal dan biasa memahami isi lagu. Merah Putih bisa diangkat menjadi sub tema pembelajaran. Pentingnya sebuah lagu kebangsaan dan itu menjadi sebagai identitas dari Negara tersebut, agar dapat mengingatkan kembali betapa pentingnya cinta terhadap Negara.

Itulah sedikit ulasan tentang cinta tanah air yang saya ketahui, sebagai rakyat Indonesia sudah seharusnya kita juga mencintai dan menyayangi negara ini. nggak  perduli kita orang asli Indonesia atau cuma keturunan. Yang pasti kalo kalian lahir sampai gede di Indonesia dan kalian juga punya KTP Indonesia, berarti kita WAJIB CINTA SAMA INDONESIA!!! masa kita kalah sama bule-bule dari luar negeri, mereka lahir dan besar di negaranya, tetapi mereka bisa mencintai negara ini dengan tulusnya (walaupun beberapa ada yng pengen merusak juga)

Dari lahir kita udah di Indonesia. Kita hirup udaranya, kita minum airnya, kita makan sayuran yang tumbuh di negeri ini, kita pake juga tanahnya, masa iya kita nggak ada terimakasihnya? Kalo bukan kita yang mencintai negeri ini, siapa lagi yang akan mencintai dan menjaga negeri ini? ingat, 10-15 tahun yang akan datang kita lah para generasi muda yang akan memegang kendali negeri ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar